Konsep dasar teknologi informasi
a. Konsep Teknologi Informasi dan Komunikasi
Teknologi berasal dari bahasa Yunani technologia yang berarti systematic
treatment atau penanganan sesuatu secara sistematis, sedangkan techne sebagai
dasar kata teknologi artinya skill, science atau keahlian, keterampilan, ilmu. Kata
teknologi secara harfiah berasal dari bahasa latin yaitu texere yang mempunyai
arti menyusun atau membangun. Oleh karena itu istilah teknologi tidak hanya
terbatas pada makna penggunaan alat-alat atau mesin yang canggih saja, akan
tetapi maknanya lebih luas.
Menurut Miarso (2015: 64),
Teknologi adalah proses yang meningkatkan nilai
tambah, proses tersebut menggunakan atau menghasilkan suatu produk, produk
yang dihasilkan tidak terpisah dari produk lain yang telah ada, dan karena itu
menjadi bagian integral dari suatu sistem. Dalam BI,
teknologi adalah metode
ilmiah untuk mencapai tujuan praktis ilmu pengetahuan terapan serta keseluruhan
sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan
hidup manusia selanjutnya.
- Branch of Information, yaitu informasi yang dapat dipahami apabila informasi
sebelumnya telah dipahami. Misalnya kalau kita membaca glosarium atau
indeks pada sebuah buku.
- Stick of Information, yaitu komponen informasi yang sederhana dari cabang
informasi. Bentuk informasi ini biasanya berupa pengayaan pengetahuan,
kedudukannya hanya sebagai pelengkap terhadap informasi yang ada.
- Bud of Information, yaitu komponen informasi yang sifatnya semi mikro,
namun keberadaannya sangat dibutuhkan, sehingga pada waktu mendatang
informasi ini akan berkembang dan dicari orang, misalnya informasi tentang
multiple intelligence, hypnoteaching, kurikulum masa depan, pembelajaran
abad ke-21, dan lainnya.
- Leaf of Information, yaitu merupakan informasi pelindung untuk menjelaskan
kondisi dan situasi ketika informasi itu muncul ke permukaan, seperti
informasi tentang prakiraan cuaca, perkiraan kemarau panjang, dan
perkiraan terjadinya gempa atau gerhana matahari/bulan.
b. Hakikat Teknologi Informasi
Secara umum Lucas (2000) menguaraikan definisi teknologi informasi adalah
segala bentuk teknologi yang diterapkan untuk memproses dan mengirimkan
informasi dalam bentuk elektronis, mikro komputer, komputer mainframe,
pembaca barcode, perangkat lunak pemroses transaksi, perangkat lunak lembar
kerja (worksheet), peralatan komunikasi dan jaringan yang merupakan contoh
teknologi informasi.
c. Hakikat Teknologi Informasi dan Komunikasi
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada hakikatnya telah menjadi satu
bahan bangunan penting dalam perkembangan kehidupan modern.
TIK adalah semua teknologi yang berhubungan dengan pengambilan,
pengumpulan, pengolahan, penyimpanan, penyebaran, pemindahan dan
penyajian informasi. Sehingga, dari definisi tersebut penerapan TIK di lingkungan
pendidikan mencakup semua perangkat keras, perangkat lunak, kandungan isi,
dan infrastruktur komputer maupun komunikasi.
d. Ruang Lingkup TIK
Menurut Pusat Kurikulum Kemendiknas, TIK mencakup dua aspek, yaitu:
- Teknologi Informasi adalah meliputi segala hal yang berkaitan dengan
proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengolaan
informasi.
- Teknologi komunikasi adalah segala hal yang berkaitan dengan
penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari
perangkat yang satu ke lainnya.
Teknologi infor,asi adalag suatu teknologi yang digunakan mengelolah data. mengelolah data yang dimaksudkan termasuk men mendapatkan ,memproses,menyusun,menyimpan dan memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas serta dipublikasikan.
Informasi yang
dipublikasikan masih relevan, akurat dan tepat waktu.
Teknologi Informasi dan komunikasi terdiri dari dua aspek yakni Teknologi
Informasi dan Teknologi Komunikasi.
Teknologi informasi dan komunikasi adalah
suatu padanan yang tidak terpisahkan, mengandung pengetahuan luas tentang
segala kegiatan yang terkait dengan pemprosesan, manipulasi, dan transfer atau
pengalihan informasi antar media dengan memanfaatkan perangkat teknologi
yang tepat sehingga berlangsung efektif dan efisian dan memerikan nilai tambah
dalam proses interaksi sosial.
e. Mata Pelajaran TIK
Perkembangan TIK dalam dunia pendidikan direspon oleh Kementerian
Pendidikan Nasional dengan memasukan kurikulum yang bernuansa pengenalan
seluk beluk teknologi informasi dan komunikasi, terutama pada jenjang pendidikan
menengah (sedangkan pada pendidikan dasar masuk dalam muatan lokal).
Pada jenjang pendidikan dasar dan Menengah, teknologi informasi dan
komunikasi menjadi mata pelajaran yang diwajibkan ada pada setiap sekolah.
Mata pelajaran TIK pada dasarnya dimaksudkan untuk mempersiapkan peserta
didik agar mampu mengantisipasi pesatnya perkembangan.
TIK merupakan perangkat teknologi yang membantu ataupun memudahkan
manusia dalam berinteraksi dengan manusia lainnya. Dengan demikian, selain
sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari, teknologi informasi dan komunikasi
dapat dimanfaatkan untuk merevitalisasi proses belajar yang pada akhirnya dapat
mengadaptasikan peserta didik dengan lingkungan dan dunia kerja.
f. Ruang Lingkup Mata Pelajaran
TIK
Ruang lingkup mata pelajaran TIK meliputi aspek-aspek sebagai berikut:
- Perangkat Keras
Sebagai perangkat keras (hardware) dalam teknologi informasi, komputer
memiliki sejumlah komponen.
- Perangkat Lunak
Perangkat lunak (software) adalah seperangkat instruksi akan diberikan
untuk mengendalikan perangkat keras komputer. Perangkat lunak dapat
dikelompokan menjadi program aplikasi dan program sistem.
g. Tujuan Mata Pelajaran TIK
Secara umum, tujuan adanya teknologi informasi dan komunikasi adalah untuk
menambah dan memperluas wawasan dan pengetahuan seseorang dengan cara
memahami alat teknologi informasi dan komunikasi, mengenal istilah-istilah yang
digunakan pada teknologi informasi dan komunikasi, menyadari keunggulan dan
keterbatasan alat teknologi informasi dan komunikasi, serta dapat menggunakan
alat teknologi informasi dan komunikasi secara optimal.
Dilihat dari beberapa aspek, pelajaran TIK bertujuan agar peserta didik memiliki
kemampuan sebagai berikut:
- Pada aspek kognitif, dapat mengetahui, mengenal, atau memahami
teknologi informasi dan komunikasi. Meningkatkan pengetahuan dan
minat peserta didik pada teknologi, serta meningkatkan kemampuan
berpikir ilmiah sekaligus persiapan untuk pendidikan, pekerjaan, dan
peran masyarakat pada masa yang akan datang.
- Pada aspek afektif, dapat bersikap kritis, kreatif, apresiatif, dan mandiri
dalam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi.
- Pada aspek psikomotor, dapat terampil memanfaatkan teknologi
informasi dan komunikasi untuk proses pembelajaran dan dalam
kehidupan sehari- hari.
mudah mudahan pembelajaran tentang informasi ini bermanfaat buat halayak dan bisa dijadikan literasi pembelajar TIK
#literai
sumber modul mandiri 1 Teknologi Informasi & Komunikasi
Komentar
Posting Komentar