Kegiatan Mengajar PTM KE 4
Kegiatan mengajar PTM KE 4 Lebih cerah dan semangat untuk terus belajar kelas XII MIA 1 smar,persiapan menghadapi ujian UAS dan tugas tugas yang belum dan baru diterima.17.11.2021
Senang rasanya bisa mengajar anak bungsuku , Kebetulan didalamnya ada anakku lagi ikut pembelajaran pas pelajaran mamanya sendiri .
Di kelas peran ibu guru berbeda dengan peran mama di rumah. Pas mengajar di kelas beberapa pertanyaan dilontarkan ke semua siswa .teryata Ade rehan aktif juga untuk menjawab pertanyaan. Alhamdulilah dengan semua mengerjakan tugas teryata mensetting dari online perubahan sangat besar ke pembelajaran tatap muka terbatas .
menuntun segala kodrat yang ada pada anak-anak, agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarakat.
Dalam proses “menuntun”, anak diberi kebebasan namun pendidik sebagai ‘pamong’ dalam memberi tuntunan dan arahan agar anak tidak kehilangan arah dan membahayakan dirinya. Seorang ‘pamong’ dapat memberikan ‘tuntunan’ agar anak dapat menemukan kemerdekaannya dalam belajar.
Dalam ajaran Ki Hadjar Dewantara,
kemerdekaan dalam pendidikan berarti :
(a) tidak hidup terperintah;
(b) berdiri tegak karena kekuatan sendiri;
(c) cakap mengatur hidupnya dengan tertib.
Tidak hidup terperintah berarti seseorang
bisa menentukan sendiri arah tujuannya,
memerintah diri sendiri.
Poin kedua menekankan pada kemandirian
seseorang, mencapai tujuan dengan daya
upaya sendiri. Poin ketiga menekankan pada
keterampilan mengatur hidup secara tertib
Ki Hajar Dewantara menjelaskan tujuan pendidikan
dalam bukunya Pemikiran, Konsepsi, Keteladanan,
Sikap Merdeka seri Pendidikan, beliau menjelaskan
bahwa tujuan pendidikan yaitu: menuntun segala
kodrat yang ada pada anak-anak, agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan
yang setinggi-tingginya baik sebagai manusia
maupun sebagai anggota masyarakat. Oleh sebab
itu, pendidik itu hanya dapat menuntun tumbuh
atau hidupnya kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak, agar dapat memperbaiki lakunya (bukan
dasarnya) hidup dan tumbuhnya kekuatan kodrat
anak.
Dijadwal hari itu juga supervisi dikelas yang diawasi sama supervisor.Yang harus dipersiapakan Atau perhatikan bahwa dokumen administrasi KBM untuk penilaian supervisi harap dimasukkan ke dalam map plastik merah yg sudah disediakan oleh sekolàh beserta instrumennya.
Adapun administrasi KBM tsb antara lain:
-Silabus
-Rpp ( normal ) bukan yg selembar
-daftar hadir siswa
-daftar nilai
-soal evaluasi
-daftar kegiatan remedial/ pengayaan.
Alhamdulilah berjalan lancar untuk supervisi .trimakasih banyak semua pihak yang telah membantu dalam pelaksanaan pembelajaran.
Komentar
Posting Komentar